Download AD-ART

KATA PENGANTAR KETUA UMUM DPP PKB
Drs. H. A. Muhaimin Iskandar, M.Si


Klik Gambar untuk download


Bismillahi ar-Rahman ar-Rahim Bagi sebuah partai politik dan organisasi sosial modern yang lain Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) merupakan urat nadi bagi eksistensi dan kelangsungan hidupnya. AD/ART merupakan landasan hukum yang utama, sehingga kinerja partai politik bisa berjalan sesuai aturan dan pada gilirannya sesuatu sesuai fatsun yang utama (akhlaq karimah).



AD/ART mengatur keseluruhan tata-kelola partai politik, sehingga pelanggaran terhadap salah satu pasal saja bisa merusak kinerja partai bersangkutan. Karena itu, manajemen partai politik akan berjalan efektif dan akumulatif dari segi apapun, jika AD/ART selalu menjadi landasan dan rujukan dalam kehidupan kepartaian.

Ketundukan kepada AD/ART merupakan manifestasi dari kehidupan partai politik modern. Tidak dibenarkan adanya posisi tertentu yang berada di atas AD/ART atau menafsirkan AD/ART sesuai kepentingannya. Kalau demikian yang terjadi, maka kehidupan partai politik akan rusak dan hancur dari dalam.

Di masa lalu, dalam sejarah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ada gejala di mana sejumlah pihak seringkali menempatkan diri berada di atas AD/ART meskipun AD/ART PKB sendiri sama sekali tidak mengatur demikian. Akibat hal itu, untuk jangka waktu yang lama, kehidupan politik PKB mengalami proses yang cenderung disharmonis, disintegratif dan degradatif, dan mencapai titik kulminasinya pada Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB di Ancol, Jakarta, 2- 4 Mei 2008.

Berangkat dari pengalaman itulah, pada Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB di Ancol, Jakarta itu, kemudian disepakati AD/ART yang baru, yang isinya dirumuskan dengan niat tulus dan tekad kuat untuk mewujudkan PKB sebagai partai modern, partai yang berjalan di atas aturan dan etika yang jelas, di mana segala bentuk penyalahgunaan kekuasaan oleh siapapun sudah ditutup, dan efektivitas kerja partai didorong seluasluasnya.

Karena itu, penerbitan AD/ART hasil MLB PKB di Ancol, Jakarta ini akan menjadi pedoman bagi kehidupan partai di semua level kepengurusan. Sehingga program-program dan kebijakan partai selalu sesuai dengan aturan yang ada, etika politik dan selaras dengan aspirasi anggota serta masyarakat luas.

Semoga Allah SWT selalu menuntun, melindungi dan memberkahi langkah kita semua. Amin.

Wallahu al-Muwaffiq ila aqwam at-thariq
Jakarta, 20 Mei 2008



Drs. H. A. Muhaimin Iskandar, M.Si
Ketua Umum DPP PKB




Baca Juga:

Indeks Berita